Sunday, June 3, 2007

RIHLAH KE POHON MARYAM DI CAIRO

DI PANDU OLEH UST, AEP SAIFULLAH.

1. Ke Pohon Maryam.
Dalam sejarahnya ketika Siti Maryam melahirkan putranya, Nabi Isa as, Allah memerintahkan agar Maryam membawa putranya itu lari dan keluar dari Palestina saat itu, untuk menghindari perbuatan aniaya dan dhalim raja Herodus saat itu. Dalam perjalanannya, Maryam juga ditemani oleh Yusuf an-Najjar, seorang tunangan Maryam (demikian versi Injil).
Tempat terdekat dan aman selama pelariannya itu adalah Mesir. Dan pohon maryam menjadi saksi bisu pohon yang pernah dijadikan oleh Maryam dan Nabi Isa untuk berteduh ketika sampai di Mesir. Oleh karena itulah, pohon tersebut dikenal dengan nama Pohon Maryam (Syajarah Maryam). Di sana juga Allah memberikan mata air sebagai tempat minum dan mandi Maryam dan Nabi Isa. Mata air tersebut sampai saat ini masih ada.
Bahkan, pohon tempat berteduhnya sampai saat ini masih ada dan mencapai tiga generasi. Pohon yang dijadikan senderan dan tempat berteduh dahulu Nabi Isa dan Maryam pun masih ada, yakni pohon generasi pertama. Selain itu, batu yang dipakai Maryam untuk memandikan Nabi Isa pun masih ada sampai saat ini. Batu itu menjadi saksi bisu bahwa Isa dan Maryam dahulu pernah menggunakannya di tempat tersebut.

No comments: