Wednesday, June 4, 2008

Pyramid Di Mesir



Pyramid dan Firaun, dua kata yang nampaknya sudah lekat dengan Mesir. Setiap orang yang mendengar kata “Mesir” atau akan berkunjung ke Mesir, maka yang terlintas dalam pikiran mereka adalah pyramid atau Raja Firaun. Mesir memang sangat mengandalkan sektor wisata budaya dan tempat sejarah para nabi. Setiap jengkal tanah yang dipijak, seolah mengisahkan peristiwa sejarah tersendiri. Dan sebagai negara tempat kelahiran peradaban pertama tertua di dunia.
§ Piramid ini terletak di daerah Sakkara Giza, 27 km dari pusat kota Kairo, Ketiga piramid besar ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia.
§ Piramid Giza
o CheopsPiramid ini merupakan piramid terbesar di antara ketiga piramid yang berjejer. Dibangun oleh Cheops raja Fir’un Kufu, yaitu raja dari dinasti ke IV. Piramid ini dibangun (2690 SM) di atas areal seluas 13 acre. Tinggi piramid ini semula 146 m., namun sekarang hanya berketinggian 136 m., disebabkan oleh erosi pada puncaknya. Jumlah batu-batunya sekitar 2,5 juta meter kubik.
o Chevren
Piramid ini dibangun oleh Chevren, putra raja Cheops pada tahun 2650 SM. Tinggi piramid ini mencapai 136 m. Panjang setiap sisinya 214 m. Jumlah batu-batu pada piramid ini sekitar 2,2 juta meter kubik.
o Menkaura
Piramid ini dibangun oleh Menkaura, putra Chevren. Dibangun pada tahun 2600 SM. Tingginya hanya 62 meter, panjang tiap sisinya yang dilapisi dengan granit hanya 104 m.
Spinx
Spinx adalah Patung purbakala yang besar, berbadan singa dan berwajah manusia. Patung ini berukuran panjang 70 meter dan tinggi 20 meter, dibangun oleh Raja Chepren pada tahun yang sama dengan pyramid Chepren. Sphinx ini terletak sekitar 200 meter arah Timur piramida, dan seolah-olah tampak sebagai penjaga piramida bila dilihat dari depan. Dulu, tubuh Sphinx sempat terkubur dalam hamparan padang pasir sampai bagian leher, dan baru jelas terlihat seluruhnya pada tahun 1926.
Selain tiga Pyramid Giza yang kesohor itu, sebenarnya masih banyak pyramid di Mesir ini. Jumlah seluruhnya mencapai 94 pyramid. Hanya bentuknya saja yang relatif lebih kecil dari ketiga Pyramid Giza. Pyramid-pyramid ini diyakini sebagai tempat pemakaman para raja Firaun/Ramses beserta harta kekayaannya yang berkuasa pada tahun 2635-1780 SM.

No comments: